expr:class='"loading" + data:blog.mobileClass'>

Rabu, 27 Desember 2017

KDM SEORANG KEPALA DAERAH YANG 24 JAM MELAYANI WARGANYA


"Bapakmah tabuh 4 Subuh tos gugah, kadang kadang nu ngajagi oge, sok tingaleun mengikuti kegiatan kegiatan Bapak mah"
Inilah ungkapan dari salah satu pengawal KDM (seorang petugas Satpol PP) sekitar bulan Agustus 2016 lalu,
Jika anda pernah bertamu ke Purwakarta jangan heran kalau datang jam 6 pagi ingin beretemu KDM sudah tidak ada di rumah. Jarak rumah dinas ke lingkungan kantor Pemkab memang sangat dekat, dalam hitungan satu dua menit sudahlah sampai.

Dekatnya jarak antara rumah dinas dengan lingkungan kantor Pemkab Purwakarta membuat aktivitas KDM dalam melayani kegiatan kegiatan kantor hampir dilakukannya selama 24 jam.
Rutinitas KDM sebagai Kepala Daerah di Purwakarta itu dimulai selepas ibadah sholat Subuh, biasanya para pejabat eselon II dilingkungan Pemkab Purwakarta datang ke rumah Dinas untuk bersama sama dengan KDM berolah raga pagi, kalau tidak bersepeda ya joging. Dalam kegiatan ini semua permasalah di bicarakan, KDM menampung kemudian memberikan arahan, jam 7 kembali ke rumah dinas, permasalah permasalahan telah terselesaikan, tinggal bersantap lontong ayam atau surabi hangat yang disediakan secara gratis untuk siapa saja yang ada disekitaran rumah dinas.

KDM bukanlah sosok pejabat yang senang menerima laporan laporan ABS, kalau tidak mengontrol proyek ya blusukan ke warga, kalau pas tidak ada jadwal protokoler, KDM biasanya muter terus dari satu ruangan ke ruangan lain, makanya jangan heran mungkin KDM satu satunya Pejabat Bupati yang hampir kenal dengan seluruh karyawan Pemkabnya sampai ke RT/RWnya di setiap wilayahnya.
Bagi KDM kalau sekedar untuk tanda tangan dimanapun bisa dilakukan di lorong lorong kantor atau sambil duduk lesehan karena sedang sarapan, karena KDM bukalah type seorang pejabat yang sok bergaya borjuis. Semua kalangan di lingkungan Pemkab Purwakarta dari mulai pejabat sampai staf sudah faham benar kalau kerja dengan KDM harus serba cepat, cermat dan kreative, bagaimana tidak KDM yang berjalan saja setengah berlari (Ngageudik) bisa dilayani oleh orang orang lelet. Jadi benar kata petugas yang saya tulis diatas, kadang kadang mereka suka ketinggalan jika mengikuti kegiatan KDM.

KDM memang seorang pejabat dan profesionalisme yang melayani warganya selama hampir 24 jam, hal ini membuat warganya merasa nyaman terlindungi, Handphonenya yang ada nomer sms center itu tidak pernah beliau matikan, sampai tidurpun selalu dibawa bawa, beliau ketakutan bila ada warganya memerlukan bantuan tidak dapat ditangani oleh para petugas dilapangan, beliau ketakutan bila ada warganya sampai ditolak oleh rumah sakit dengan alasan kelas 3nya penuh, inilah gambaran kecil rutinitas KDM sebagai kepala daerah di Purwakarta.

Dari semua ini kita jadi bisa memahami dengan berita berita yang sering kita baca, berbeda dengan daerah daerah lain pada umumnya,jika di Purwakarta penanganan terhadap warga warga yang memerlukan bantuan bisa serba cepat, ya karena KDM sendiri yang memegang komandonya untuk hal hal seperti ini.(DKS)
#dedimulyadi7abar1

Tidak ada komentar:

Posting Komentar