Buku : SPIRIT BUDAYA KANG DEDI
Bab : PENYEBAB DEGRADASI EKONOMI
Sarjana di Indonesia itu sarjana formal. Karena sarjana formal maka
semuanya bersifat formal. Dosen ngomong formal, bukunya formal,
kuliahnya formal, tidak kultural. Sarjana formal itu nanti juga cari
pekerjaannya formal karena dia tidak bisa hidup tanpa pekerjaan formal.
ltulah orang yang berTuhan pada aspek-aspek formal. Solehnya juga soleh
formal, orang soleh diukur dan pake bajunya jubah, pecinya putih.
ltulah Indonesia yang kemudian menganggap pemimpin yang saleh itu
pemimpin yang kalau pembukaan bahasanya ngutip ayat Quran, sering
berkeliling dengan para ulama padahal APBD-nya untuk rakyatnya sedikit
dan kebanyakan buat saudara-saudaranya.
Kalau kita terus-menerus
terjebak pada kerangka itu maka sulit kita membangun kesetaraan dan
kemandirian. Karena Tuhan itu bukanlah hal yang formal, karena Tuhan
memberikan hal yang inklusip.
Makalah saya sudah ada tetapi saya tidak suka menyampaikan
segala sesuatu yang sudah saya tulis. Buat apa anda kalau mendengarkan
sesuatu yang sudah saya tulis? Indonesia itu negara yang paling aneh.
Persis dosen, datang kekelas menyampaikan sesuatu yang sudah ada di
buku.
Kita mengejar aspek yang formal tapi lupa yang kultur. Lupa
pada nilai esensi yang sebenarnya, lupa bahwa Tuhan itu ada dua dimensi
yang harus dipahami oleh manusia. Yang pertama adalah dimensi imanen dan
yang kedua dimensi transenden.
Dimensi imanen adalah Tuhan
dipahami sebagal sesuatu. Padahal Tuhan bukan sesuatu tetapi kita
menganggap sesuatu itu, salahnya itu dipahami oleh nilal-nilal
ritualitas formal dalam bentuk ibadah. Ketika pemahaman ibadah dalam
imanen, maka dipahami pada kaidah-kaidah formal, karena kaidah formal
maka tertunduk pada hukum fikih. Itulah Tuhan dalam sisi imanen. Dalam
sisi imanensi hampir rata-rata orang Indonesia saleh, rata-rata salat,
rata-rata puasa, umrahnya paling sering.
1 32 . Spirit Budaya Kang Dedi
Tetapi ada yang Iebih universal bahwa Tuhan dipahami dari sisi
transenden. Tuhan itu harus diterjemahkan pada aspek-aspek yang bersifat
nilai, maka harus hadir dalam kaidah ekonomi, Tuhan harus hadir dalam
kaidah politik, dalam kaidah tata negara, dalam kaidah hukum pidana,
dalam kaidah hukum perdata.
Maka seluruh rules of law atau
nilai-nilai keindonesian semuanya, Tuhan hadir dalam seluruh kebijakan.
ltulah yang disebut dengan imanensi bertuhan yang melahirkan watak
kebudayaan, yang dalam budaya Indonesia disebutnya budaya Pancasila.
Budaya Pancasila itu sebenarnya mencoba melakukan aktualisasi nilai,
artikulasi pemahaman dari nilai nilai samawat, nilai-nilai langit,
nilai-nilai universal menjadi nilai-nilai bumi, nilai-nilai kesetaraan,
nilai nilai sektarian. Dalam kaidah Sunda disebutnya “ciri sabumi cara
sadesa, jawadah tutung biritna, sacarana sacarana, lain tepak sejen
igel”.
Pemahaman ketuhanan itu lahir menjadi pemahaman
keindonesiaan. Ketika lahir menjadi pemahaman keindonesiaan maka
Indonesia terbentang luas. Karena kalimat Indonesia itu pemberian dari
Belanda maka saya tegaskan orang Indonesia harus berterima kasih pada
yang namanya pemerintahan kerajaan Belanda dan VOC. Kenapa? Karena
Indonesia itu lahir dari orang Belanda dan karena Belanda datang maka
Indonesia bersatu.
Saya katakan karena Belanda datang maka orang
Indonesia jadi bersatu, ada musuh bersama. Ketika Belanda tidak ada maka
orang Indonesia bertikai.
Antara kerajaan bertikai, saling kudeta antar saudara.
Jadi tradisi bertengkar itu memang warisan dari dulu.
133 . Spirit Budaya Kang Dedi
Cuma orang Indonesia itu punya kebiasaan mencari kambing hitam. Jadi
didikte, “oh gara-gara Belanda , kita bodoh gara-gara Belanda”. Kata
siapa?
Di jaman Belanda bikin gedung bisa kokoh lama tapi sekarang
gampang rusak. Itulah yang harus dibuat artikulasi Ketuhanan yang Maha
Esa. Yang menjadi nilai di situ adalah apa yang membuat nilai manusia
bertuhan dari sisi wilayah. Saya cenderung sepakat dengan pikiran Cak
Nun soal Islam doktrin dan peradaban. Islam itu nilal samawat kemudian
menjadi doktrin, kemudian menjadi peradaban manusia.
Bicara
keindonesian maka bicara wilayah. Bicara alam Pajajaran, alam Pasundan.
Alam Jawa Barat kalau di sisi administratif, di sisi ruh alam Pajajaran.
Kemudian bicara juga pada wilayah Purwakarta, bicara pada komunitas
yang disebut dengan masyarakat komunitas, kemudian lahir lagi yang
namanya individu atau manusia. Manusia memiliki keterikatan terhadap
empat hal sebagai mahiuk kebudayaan. Pertama manusia memiliki
keterikatan pada tanah, karena di situ menjadi landasan pijakan. Islam
mengatakan manusia diciptakan dari tanah. Ketika bicara manusia
diciptakan dari tanah maka di situ ada sebuah pertanyaan, kapan kita
ada? Saya katakan kita ada dan esensi kemanusiaan ketika bumi ini
tercipta, ketika bumi ini tercipta kita sudah ada, pertama ada dari sisi
ruh.
Yang kedua kita ada dari sisi material. Bukankah manusia
diciptakan dari tanah, berarti tanah yang menjadi sumber inspirasi
penciptaan kita. Tanah yang mana? Tanah yang ada ketika bumi ada. Yang
kedua dari air, air yang ada ketika bumi ada. Yang ketiga dan unsur sisi
panas, panas yang ada ketika bumi ada. Yang keempat dan unsur udara,
udara yang ada ketika bumi ada.
MANUSIA SEBAGAI MAHLUK KEBUDAYAAN TERIKAT PADA
TANAH, AIR. UDARA DAN MATAHARI.
134 . Spirit Budaya Kang Dedi
Yang menjadi persoalan adalah terjadinya persaingan dari evolusi yang
panjang. Jadi diri kita ini adalah tanah pilihan, yang menjadi diri kita
adalah air pilihan, yang menjadi diri kita adalah udara pilihan, yang
menjadi diri kita ini adalah panas pilihan. Seluruhnya mengalami evolusi
selama bertahun-tahun. Karena di antara unsur tanah ada jutaan sel
unsur tanah. Antara unsur air ada jutaan miliar sel unsur air, ada sel
udara, ada sel matahari.
Semuanya adalah hayat. Ekonomi itu hidup
dan harus dihidupkan, tidak boleh saling membunuh. Semuanya dalam ilmu
biologi disebut simbiosis mutualisma. Karena semua hayat maka semua
hidup, tanah hidup, air hidup, matahari hidup. Yang hidup ini yang
nantinya akan melahirkan kehidupan untuk bertahan. Tanah yang hidup, air
yang hidup, udara yang hidup, dia berevolusi selama bermiliar-miliar
tahun. Dan situlah kemudian nanti ada tumbuh pohon, tumbuh daun, tumbuh
tunas, tumbuh bunga, tumbuh buah.
Panas matahari tertentu yang bisa
melahirkan daun. Kemudian semuanya yang melahirkan daun, buah, pohon,
tunas, ranting dan sejenisnya. Pohon berevolusi, banyak daunnya yang
jatuh, dan daun yang jatuh hanya sedikit bunga yang tumbuh, dan bunga
yang tumbuh hanya sedikit buah yang tumbuh, dan buah yang tumbuh hanya
sedikit buah yang dimakan. Dan buah yang dimakan itu hanya sedikit yang
menjadi saripati. Dan sanipati hanya sedikit yang menjadi sperma,
menjadi ovum, kemudian bertemu sperma dan ovum itu.
Jadi anda ini semua adalah makhluk ekonomi pilihan
yang berhasil mengalahkan dalam pertarungan yang
135 . Spirit Budaya Kang Dedi
lama yang bermiliar-miliar tahun. Jadi jangan sia-siakan perjuangan yang bermiliar-miliar tahun ini.
Orang yang bunuh diri itu orang yang menyia-nyiakan perjalanan miliaran
tahun. Jadi anda adalah makhluk ekonomi. Seluruh nilai ini adalah
ekonomi, maka di situ manusia tetap memiliki dua keterikatan.
Yang
pertama adalah keterikatan pada nilai-nilai universal, disebut dengan
keterikatan samawat. Di mana letaknya? Di hati. Orang menyebutnya ruh,
saya menyebutnya spirit atau tendensi.
Karena energi manusia untuk hidup itu tergantung hatinya. Jadi anda hidup tergantung pada hati anda. Kalau hati anda selalu
136 . Spirit Budaya Kang Dedi
bahagia, maka anda akan berhasil. Buatlah hati anda bahagia karena kebahagiaan melahirkan kreativitas yang tinggi.
Hati merupakan kekuatan utama sehingga ilmu ekonomi itu tidak boleh ada
unsur memaksa. Tidak boleh menekuni pekerjaan yang anda tidak senangi.
Subuh saya sudah bangun, langsung ke sini, saya melakukannya dengan
bahagia. Tidak ada keterpaksaan dalam diri saya. Hari ini saya tidak
terpaksa, tidak pusing.
Orang yang bahagia itu dekat dengan Tuhan.
Maka orang Timur itu mengasah kebahagiaan dengan rule spiritual. Maka
ditempuhlah berbagai tarekat tarekat spiritual. Maka yang tarekat ini
selalu laku, pengikutnya selalu banyak, kenapa? Itu bagian dan tradisi
orang timur membangun kebahagiaan.
Kalau orang barat membangun
kebahagiaan dengan cara rasional. Dengan hal-hal inseptual. Dengan
menggunakan kekuatan pikiran. Bahagia orang Barat itu adalah pergi
tamasya, ketika pergi tamasya dia bebas melakukan apapun. Hidupnya tidak
terikat. Itu karena di kampungnya terikat, Jadi jangan dipikir di
negaranya itu tidak terikat.
Orang Indonesia di lemburna teu tertib
tapi di negara batur tertib da sieun. Orang Indonesia paling tertib di
Mekkah, paling hebat. Jadi kebiasaan tertib itu seharusnya dibawa pulang
ke sini.
Orang Barat itu disiplin. ini harus delapan jam ya
delapan jam. ini targetnya harus selesai sekian ya sekian. mereka
manusia produktif yang dikejar oleh target sehingga mereka memanfaatkan
waktu Iuangnya itu untuk melampiaskan seluruh kepenatannya.
Di
Indonesia ada empat hal. Tanah itu nilai ekonomi, air itu nilai ekonomi,
udara itu nilai ekonomi, Matahari itu nilai ekonomi. Apa yang
mengakibatkan ekonomi di Indonesia mengalami degradasi? Kenapa gagal
dalam melakukan persenyawaan individual manusia dengan ke empat unsur
ini sehingga unsur ekonomi yang tinggi tidak menjadi ekonomi yang
melahirkan ekonomi kapital?
Tidak ada tanah yang sesubur tanah Jawa Barat. Tidak ada air
137• Spirit Budaya Kang Dedi
yang sejernih air Jawa Barat. Tidak ada udara yang sebaik udara Jawa
Barat. Tidak ada matahari yang janjinya pasti seperti janjinya matahari
di Jawa Barat. Terbit di sebelah timur dan terbenam di sebelah barat.
Kenapa kita mengalami degradasi ekonomi? Karena kita gagal mendekatkan
diri kepada tanah sebagai sumber inspirasi ekonomi tingkat tinggi.
Contoh hari ini, orang Iebih suka menjual tanahnya untuk bell mobil,
bell motor, untuk bangun rumah. Pertanyaannya adalah apakah mobil
merupakan barang ekonomi yang abadi? Apakah motor merupakan barang
ekonomi abadi? Apakah mobil langka mengalami kenaikan harga atau
penurunan harga? Apakah tanah barang ekonomi yang abadi? Apakah tanah
semakin lama bervalue atau atau tidak?
Pertanyaannya adalah
kenapa kita menjual tanah yang bernilal abadi, yang mengalami perubahan
setiap saat, yang NJOP-nya mengalami kenaikan untuk membeli
barang-barang yang tidak produktif dan bersifat jangka pendek.
Value kedua yang mengalami penurunan adalah mereka membangun pabrik di
sini, karyawannya kita punya kemudian kita membeli dengan hanga yang
mahal. Mobil Indonesia itu paling mahal di dunia tetapi masih dibeli.
Nah, pemerintah Jepang itu membangun industri di Indonesia, kemudian
setiap bulan muncul mobil baru di Indonesia, pertanyaannya adalah apakah
mereka melakukannya di Jepang? Tidak.
Di Jepang, untuk mendapatkan
mobil sangat sulit persyaratannya. Untuk mendapat mobil harus mendapat
ijin dan walikota, dan Bupati, kenapa? Karena nantinya harus ditempatkan
di mana garasinya agar tidak mengganggu arus lalu lintas. Orang Jepang
lebih cenderung naik kereta, naik bis dan kendaraan umum dibanding naik
kendaraan pribadi. Orang Jepang membangun peradaban kenegaraannya.
Sementara kita .tidak beradab dalam berkendara,
ekonominya
mengalami penurunan, mobil mengalami penurunan, uang mengalami
penurunan, kemudian terjadi kecelakaan kemudian terjadi
138 . Spirit Budaya Kang Dedi .
kemiskinan massal dalam jangka waktu panjang. Saya cek berapa yang
memiliki kepemilikan tanah pada saat ini? Hampir rata-rata orang tidak
memiliki kepemilikan tanah. Karena di Jepang, kalau orang memiliki
kepemilikan tanah maka tidak boleh pewarisnya Iebih dari satu. Kalau dia
punya anak lima, yang empatnya harus bekerja. Mereka harus produktif
dan tidak boleh menjadi petani, yang menjadi petani hanya satu, Sehingga
tanah disana sejak tahun
1945 tidak berubah. Kalau dulu dua
hektare maka sekarang pun masih dua hektare. Tapi di Indonesia, sebelum
meninggal ibu bapaknya tanahnya sudah dibagi habis. Ujung-ujungnya
kemiskinan.
Dalam dunia politik, kalau sudah terjadi pengalihan
kepemilikan tanah maka yang punya sawah menjadi tukang sawah, yang punya
kebun menjadi tukang kebun maka nanti anaknya menjadi generasi yang
tidak memiliki apa-apa. Kemudian terjadi peralihan yang menimbulkan
pemberontakan. Orang-orang yang terpinggirkan di desanya, tidak punya
hak kepemilikan atas tanah, maka mereka akan berontak pada negara dan
berebut tanah pada orang-orang kaya. Selanjutnya high value yang
merupakan ekonomi tingkat tinggi. Air merupakan ekonomi tingkat tinggi
tapi orang tidak memahaminya. Air disia-siakan, dibuang. Apa yang
terjadi hari ini? Ironi. Air adalah sesuatu di Indonesia yang mudah
didapat hari ini tapi kelak menjadi sesuatu yang dinanti. Dalam kaidah
ekonomi Undang-undang Dasar 1945 tidak boleh begini.
Air harus
menjadi barang yang bebas, semua orang bebas mendapat. Kita ini semua
berdasarkan kelasnya, dari mulai air oplosan, sampal air yang
139 . Spirit Budaya Kang Dedi
berkelas, semua sampai air ajaib. Akhirnya ekonomi keluarga mengalami
penurunan karena ada kebutuhan untuk membeli air dalam setiap bulannya,
air untuk mandi, air untuk minum.
Dari sisi kebudayaan apa yang
terjadi, dalam 20 tahun ke depan kita itu akan kehilangan logat bahasa
karena airnya sama, orang Purwakarta minum air Bogor, karena pakai air
kemasan. Yang semula ada logat Sunda Bogor, Sukabumi yang berbeda, nanti
tidak ada lagi logat begitu.
Kenapa? Air yang diminumnya sudah berubah.
Kemudian udara hari ini menjadi barang mahal. Hari ini mencari udara
bersih itu sulit. Semua orang rata-rata mengidap penyakit ISPA. Kemudian
matahari menjadi barang mahal. Semestinya tanah, matahari, udara dan
air menjadi energi. Energi itu kemudian menjadi bahan dasar, dan tanah
kemudian melahirkan nilai, dan air melahirkan nilai, dan udara
melahirkan nilai, maka orang Indonesia semestinya tidak boleh ada mati
Iistnik. Kenapa? Karena seluruh alamnya melahirkan enengi Iistnik.
Air di sungai melahirkan energi listnik, terpaan angin melahirkan energi
listrik, matahari melahirkan energi listrik, di bawah tanah ada batu
bara melahirkan energi listrik, di bawah tanah ada gas
melahirkan energi Iistnik, di bagian tertentu ada bagian panas bumi atau geothermal itu melahirkan enengi listrik.
Indonesia itu kenapa punya listnik mahal padahal sumber Iistriknya
murah dan bebas didapat? Salah pengelolaan. Listrik yang dari Purwakarta
dikirim ke Jakarta, dikirim ke Bali, dikirim ke Surabaya, dikirim ke
Jawa Tengah, lieureun listrikna. Di Kalimantan dan Sumatera listriknya
mati,
SEMESTINYA TANAH, MATAHARI. UDARA DAN AIR MENJADI ENERGI YANG MELAHIRKAN NILAI EKONOMI.
140. Spirit Budaya Kang Dedi
padahal hamparan batubara di bumi Kalimantan luar biasa. Di Sumatera
dari mulai minyak bumi, gas alam, sampai dengan batubara nya Iuar biasa.
Tapi ada kesalahan dalam memahami atau mengintegrasikan manusia dengan
lingkungannya.
Tidak boleh sebenarnya di Purwakanta listrik yang
dari batubara. Kenapa? Air yang dari Jatiluhur masih cukup. Sungai
sungai yang ada bisa dibuat bioenergi, hamparan peternakan yang ada bisa
dibuat energi, desa desa bisa dibangun menjadi desa energi, caranya
mengembangkan peternakan yang kuat yang bisa melahirkan energi gas ke
rumah tangga rumah tangga.
Orang Indonesia tidak musti lagi rebutan gas elpiji 3 kg.,
Para sanjananya gagal mengidentifikasi, profesornya gagal
mengidentifkasi, kenapa? Karena ukuran orang pandai Indonesia adalah
yang sebanyak banyaknya mengutip pikiran orang lain, tidak ada
kepercayaan diri.
Maka hentikan menilai seorang sarjana dari jumlah
paper, dan jumlah kertas, dibikin persyaratan skripsi harus 120
halaman. Jika dipaksakan maka mahasiswanya bukan fokus pada ilmu
mempertahankan pikirannya, tetapi sibuk ngatur koma, sibuk memenuhi 120
halarnan.
Sebaiknya begini univensitas menguji, anda jurusan apa?
Ekonomi. Ekonomi apa yang akan anda pentontonkan kepada saya? Aplikasi
ekonomi apa yang anda yakini, geus dagang naon, geus ngamanage naon,
geus digawe di mana, produktivitas di Pemda na naon, produktjvjtas di
penusahaannya apa. Dinilai dari etos kerja setiap hari, urusan
administrasi mah pandeuri bisa nuIuykeun.
Ketika anda jadi pemimpin
mah moal ngetik. Jadi harus bermimpi menjadi calon pemimpin dan bukan
calon tukang ketik. Cukup jelaskan cing cangkeling manuk cingkleung
cindeuteun, los ka kolong bapa satar buleneung’ dan sisi ekonomi. Cing
cangkeling manuk cingkleung cindeuteun’ artinya bahwa melakukan sesuatu
itu harus menggunakan hati sebagal kekuatan utama. Maka hati harus ada
pada tempatnya. Cindeteun, artinya diam dalam kaidah Arab atau
istiqomah,
141 • Spirit Budaya Kang Dedi
menurut Sunda itu henteu lanca linci, luncat mulang, udar tina tali gada.
Maka kalau bekerja fokus, maka pekerjaannya produktif, punya ruh dan
melahirkan nilai ekonomi, Kenapa? Karena kemampuan cindeuteunnya los ka
kolong, maka lewat hatinya maka tidak dihasilkan apapun. Jika
pekerjaannya melamun, produktifitasnya menjad rendah. Sederhana punya
argumentasi itu, jelaskan aplikatifnya anda, mana produknya, jadi
sarjana.
UIah sarjana anu tadi tea, 120 Halaman. Akibatnya apa?
Akibatnya adalah semakin ada sebuah wilayah madani, sebuah kota madani
itu semakin banyak orang pandai, semakin aneh semakin banyak masalah.
Jakarta mi pusatnya orang pandai, ahli perencanaan pembangunan di
Jakarta, ahli ekonomi di Jakarta, ahli banjir di Jakarta, ahli energi di
Jakarta, ahli transportasi darat di Jakarta, semua ada di Jakarta. Tapi
seluruh masalah ada di Jakarta. Nu pinter teu bisa nyelesaikan urusan
diri na sorangan. ini jadi aneh di bumi ini, dan ingat orang semakin
pandai itu semakin pikun. Saya kasih tau, Anda semakjn banyak ilmu itu
makin pikun. Itu Profesor profesor teh loba poho. Makanya kalau orang
ilmunya sudah tinggi ketika ngajar sok pikaseurieun ngajarna teh.
Nah, ini yang menjadi problem kenegaraan ini, di bumi ini. Karena ini
yang menjadi problem, ini punya implikasi pada rumah tangga. Biaya rumah
tangga itu menjadi tinggi. Kenapa? Bayar listrik. Kenapa lagi? Bayar
air buat mandi, kenapa lagi? Bayar gas, kenapa lagi? Bayar air minum,
kenapa lagi? Bayar kenapa lagi? Bayar langganan koran, kenapa lagi?
Bayar Iangganan Internet, kenapa lag I? Bayar pulsa, kenapa lagi? Terus.
ini melahirkan kebangkrutan karena peningkatan ekonomi, kapita, per
kapita ini dinaikkan, gaji buruh dinaikkan, gaji pegawai dinaikkan,
semua gaji mengalami kenaikan.
Tapi kita ini tidak pernah menga!ami
tingkat kesejahteraan. Guru dinaikkan sertiflkasinya, tapi kenapa tidak
naik dari tingkat kesejahteraan?
Karena peningkatan pendapatan tidak
142 . Spirit Budaya Kang Dedi
diimbangi oleh kekuatan kapita pengeluaran. Dalam ilmu ekonomj harusnya
dibalik, yang diomongin itu tidak boleh pendapatan karena akan
melahirkan nilai tukar yang menurun dan akan melahirkan infiasi. Tapi
kalau ngomong pengeluaran maka akan melahirkan uang yang berkualitas.
Tekan pengeluaran anda. Logika itulah yang saya gunakan dalam APBD
Kabupaten Purwakarta.
Gimana kalau gas? Kita bikin untuk
menciptakan gas. Gimana air kalau kita tidak beli, gimana pulsa
handphone, gimana kita atur, semua kita atur. Di sini perlu bekerja
keras, bekerja keras jadi kapital terus jadi investasi. UIah gaji karek
naek 10% bulan Desember geus ngamprah deui ka Bank Jabar. Tunjangan
kinerja, tunjangan jabatan kudu dibikeun tiap bulan.
Begitu ku bupati dievaluasi tong dibikeun tiap
143 • Spirit Budaya Kang Dedi
bulan, bikeun berdasarkan kinerja dan profesinya.
Indonesia itu punya segala-galanya, Indonesia itu kaya raya. Kalau
manusia diintegrasikan dalam semangat spirit kebudayaannya maka akan
melahirkan energi kemakmuran. Orang yang berhasil mengintegrasikan diri
terhadap alam secara holistik akan menghasilkan energi, itulah orang
yang berTuhan.
Tanpa itu Tuhannya bohong, karena Tuhannya tidak melahirkan apa apa.
Shalat kan harus menjadi energi. Energi shalat itu apa ada dua hal,
‘Allahu akbar’ sebuah penyerahan diri total. Yang kedua adalah
‘Assalamu’alaikum warahmatullah’ yang melahirkan kemakmuran,
kesejahteraan bagi hidup manusia dan bukan manusia.
Bukan dibalik. Kita ini merampas kesejahteraan manusia, jin, kunti, genderuwo.
Buktinya apa? Kuburan digusur, leuweung dibabad, rawa diurug. Kita
sudah mengambil kesejahteraannya makhluk yang diluar dari kita.
Nu akhirna jaradi kunti kabeh, jaradi genderuwo karena teu cukup daharna.
Maka orang Barat itu membuat tata ruang daerah. Jadi sungai tidak boleh
diganggu, hutan tidak boleh diganggu, sawah tidak boleh diganggu. Ada
dunia atas, dunia tengah dan dunia bawah. Itu diatur, jagat gede, jagat
leutik, makrokosmos, mikrokosmos, nu katingali jeung nu teu katingali.
Kudu Lun paralun, harus minta pada lingkungan, pada apa yang dilihatnya
kalau membangun agar harmoni agar terjadi peradaban.
Orang Barat
merumuskan dengan rasional, orang kita habis dihakimi problem. Saya tadi
malam ngomong di Garut tentang dua hal, saya bilang orang India
mensucikan sungai karena sungai sumber produktivitas, sungai menjadi
inspirasi bagi warga
SHALAT HARUS MENJADI ENERGI, MENJADI PENYERAHAN
DIRI SECARA TOTAL, MELAHIRKAN KESEJAHTERAAN.
144 . Spirit Budaya Kang Dedi
untuk minum dan sejenisnya sehingga airnya menjadi bersih. Kemudian
orang Bali itu menghormati pohon karena pohon sumber inspirasi sehingga
pohon diikat oleh kain, Untuk apa? Karena dari pohon itu melahirkan air,
udara dan sejenisnya. Itu nilai ekonomi tinggi. Orang Indonesia gagal
dalam mengindentifikasi itu, orang Sunda itu terjebak dalam sebuah
perangkat logika formal. Semestinya air sungai itu disucikan karena itu
sumber inspirasi kehidupan rakyat Jawa Barat. Rakyat tergantung pada
sungainya, kalau sungai habis maka rakyat Jawa Barat habis.
Anda
lihat di Jawa Barat itu ada sungai, ada gunung. Gunung melahirkan
sungapan, sungapan melahirkan susukan, susukan melahirkan walungan, dan
walungan jadilah pegunungan, Cirata, Jatiluhur, Saguling, Jati Gede. Dan
situ Iahir pertanian, peternakan, perikanan, energi listrik,
pariwisata. Harusnya disucikan karena itu sumber inspirasi, mensucikan
itu dijaga, dirawat, tidak boleh tercemar.
Kita ini punya kebiasaan
merusak apa yang menjadi sumber inspirasi kehidupan. Hilirnya hancur,
berantakan di mana-mana, banjir tidak terkendali, sebentar lagi air
sungainya juga rusak. Nanti akan ada degradasi ekonomi. Secara ekonomi
nggak menghasilkan uang tetapi valuenya mengalami penurunan.
Pemda
Kabupaten Purwakarta mengeluarkan 35 miliar sampal 40 miliar untuk biaya
pengobatan rakyatnya. Rakyatnya gagal mengidentifikasi kesehatan diri,
gagal mengidentifikasi, gagal mengholistikasi, gagal menyatukan diri
dengan alam.
Konsep penyatuan ini akan melahirkan kekuatan.
Kebudayaan itu integrasi, integrasi itu penyatuan,
145 . SpiritBudaya Kang Dedi
penyatuan itu persenyawaan, persenyawaan itu tauhid. Kalau sudah tauhid
maka dia bersatu. Maka orang Jawa menyebutnya papat kalimah tunggal,
artinya manusia bersatu dengan kesemestaannya, dengan
kemahasemestaannya.
Ketika berbicara kesemestaan maka ada
kemahasemestaan, orang Sunda menyebutnya keris manjing kasarangka,
manunggal. Papat kalimah tunggal, papat kalimah melahirkan ekonomi.
Kenapa manusia ekonomi? Badannya sehat ga pernah ketemu dokter.
Sehatnya oleh apa? OIeh daya pikirnya, oleh daya singgungnya, dari cara
makannya. Cara makannya bagaimana? Duduknya bersila, kemudian perutnya
ditekuk. Sebelum makan nasi, perlu makan cengek dulu. Sebelum makan
nasi, makan garam dulu. Beras yang dimakannya harus dari panen tahun
kemarin agar’ kadar gulanya menurun.
Nasi yang dimakannya harus
diakeul. Karena nasi digeber geber pake hihid, maka kadar gulanya
diatur, kadar gulanya dalam bentuk uap. Tidak boleh makan saat hangat
karena nasi yang panas itu kadar gulanya tinggi. Ketika dimakan perutnya
ditekuk. Makan garam dulu untuk membunuh kuman. Apalagi? Makan cengek
dulu karena mempengaruhi saraf otak. Orang yang makan cengek tiap hari
tidak akan pennah pikun.
ini ekonomi. Kan kita tidak pernah megang
ekonomi seperti ini. Perutnya ditekuk untuk apa, agar makannya tidak
terlalu banyak, sesual dengan ukurannya lahir manusia sehat. Pakai baju,
bajunya yang berbudaya, yang gombrang. Kenapa baju gombrang? Agar
keringatnya tidak terlalu banyak ke bajunya, tidak lekas bau, awet bisa
dua hari sekali nyucinya. Secara ekonomi menguntungkan. Pakai celana
yang gombrang karena celana itu tenutama itu menggugahkan
Iangkah-Iangkah yang cepat, tidak mudah sobek.
Itulah yang
menjadikan Iingkungan kuat. Rumahnya ditata, tidak perlu AC, rumahnya
dibikin tinggi, kayak Belanda, dikasih jendela di sebelah timur.
146 . Spirit Budaya Kang Dedi
Ini ngomongin ekonomi agar mataharinya masuk ke ruangannya, berarti
tadi pagi sudah memasukan energi. Energi ini tidak bisa digantikan oleh
barang barang produksi lainnya. Sore, kemudian dikasih jendela
sebelah barat agar matahari sore masuk ke ruangannya, maka ruangannya
menjadi bersih tidak usah pakai vaccum cleaner. Tidak usah lagi pakai AC
atau pendingin ruangan, seluruh makanannya segar tidak perlu pakai
lemari es.
Orang Indonesia ini aneh, cicing di Wanayasa make lemari
es. Lemari es ini fungsinya untuk orang sibuk. Orang yang tidak sempat
untuk menyimpan, orang yang tidak sempat belanja ke pasar setiap hari.
Maka dan itu, seluruh makanannya ditumpuk. Itu dilakukarn oleh negaran
egara Eropa. Kenapa? Karena musimnya berubah-ubah, sehari gelap, dua
hari saiju, maka makanannya harus cukup.
Satu lagi, kenapa nasi
harus yang sehat, pagi-pagi masak, siang masak, sore masak, tidak boleh
menyimpan nasi di magic jar karena itu menaikkan kadar gula. Sudah
berasnya anyar, kemudian dimasak tidak menggunakan geber-geber karena
lulusan ekonomi STIE, kalau dari Iangseng, tidak ada ngagigihan,
Iangsung masuk ke magic jar, sudah kadar gulanya tinggi, disetrum panas,
maka kadar gulanya makin tinggi. Magic jar untuk siapa? untuk orang
yang sibuk, yang kerjanya luar biasa. Setengah lima harus pergi ke
kantor, pulangnya malem.
Dan sisi fundamental ekonomi, penlu
memperhatikan Iingkungan. Orang Sunda itu merumuskan ekonomi itu sangat
mudah, Bru di juru bro di panto, ngalayah di tengah imah, gucir Ieuit
loba duit. Artinya apa? Produktivitas pentanian dulu yang ditingkatkan,
produktivitas industri dulu yang ditingkatkan, nanti ada dampak duit,
itu akan melahirkan duit.
ORANG SUNDA MERUMUSKAN EKONOMI DENGAN MUDAH, DENGAN MENGUTAMAKAN PRODUKTIVITAS PERTANIAN.
147 Spirit Budaya Kang Dedi
Yang penting gucir Ieuit, duit mah babari Kenapa saya ngomong leuit?
ini ekonomi strategis. Saya katakan, bohong kalau duit bisa menjamin
kesejahteraan. Lihat negara yang makmur. Penghasilan minyak mereka luar
biasa, rakyatnya serba free, sejahtera luar biasa hadapi,
tetapi
dia hancur. Kenapa? Dia tak punya cadangan makanan, gak punya
buah-buahan, gak punya gandum, dia gak punya produktivitas pertanian.
Ketika di ‘embargo maka duit gak laku. ada banyak duit tapi barangnya
gak ada.
Timur tengah itu sangat mudah dihancurkan oleh Barat
148 . Spirit Budaya Kang Dedi
karena sumber makanan mereka terbatas. Apa yang menyelamatkan Indonesia
dan krisis tahun 1998? Kesuburan tanah. Orang Indonesia kreatif. Tidak
semua uang orang Indonesia pergi dari bank ke bank. Tapi orang Indonesia
uangnya dari tangan ke tangan. Secara ekonomis, betul nyimpen uang di
bank itu aman, tetapi belum tentu aman.
Ekonomi rupiah itu bisa
anjiok, gampang itu membolak-baliknya. Jadi ekonomi yang sulit dibolak
balik adalah ekonomi yang nyimpen uangnya di bawah bantal, secara
ekonomi kultur. Barisan pertahanan ekonomi kultur yang kuat harus
dipertahankan, tidak boleh semuanya terjebak pada transanksi digital,
harus ada yang manual. Karena negeri ini harus punya cadangan. Kata
orang Sunda, kudu boga saku dua.
Kenapa orang Indonesia itu sulit
dihancurkan? Orang Indonesia itu jika euweuh beas, bisa makan yang lain,
dia bisa makan singkong, seluruh alamnya masih menyediakan fasilitas
konsumtif bagi masyarakat. Bayangkan kalau orang Indonesia ini kayak di
Arab, sudah habis kita ini sudah bangkrut.
Tidak. Indonesia tidak
akan mengalami kebangkrutan kalau tanahnya masih memiliki value. Kalau
airnya bisa memiliki value, kalau anginnya masih memiliki value, kalau
mataharinya masih memiliki value. Indonesia akan memiliki kebangkrutan
kalau secara internasional semuanya terganggu, masyarakat gak punya lagi
tanah, gak punya lagi air, gak punya udara, gak punya matahari,
semuanya, bangkrut.
Maka yang penting, desa itu harus
dipertahankan, hutan itu harus dipertahankan, sawah itu sampai mati
harus dipertahankan, gunung itu harus dipertahankan, sungai itu harus
dipertahankan, karena itu sumber
149 . Spirit Budaya Kang Dedi
KETAHANAN EKONOMI INDIVIDU HARUS DIPERKUAT, TIDAK BOLEH TERGANTUNG KEPADA NEGARA SEMATA-MATA.
ekonomi pertahanan capital Indonesia yang sangat kokoh dan tidak boleh dihancurkan.
Ekonomi Indonesia ini lemah. Pengusaha itu banyak yang hutangnya Iebih
gede. Bagaimana memanagenya, pinjam ke bank, setelah pinjam ke bank,
yang dimasukin untuk perusahaannya hanya sekian persen, yang 20 persen
untuk kekayaan pribadi, kemudian bangkrut, gak bayar. Bank hanya bisa
sita aset perusahaan, tetapi secara pribadi tidak miskin, perusahaannya
bangkrut tetapi pribadinya masih cukup. Ambil 1 triliun, diambil 200M
buat pribadi, masih cukup. ini dari dulu pemikiran rendah, begitu
bangkrut, gak ada urusan. Tinggal putusin di pengadilan,
perusahaannya bangkrut, karyawannya tidak bisa dibayar. Selesai, semua ekonominya. Tidak ada fundamen ekonomi yang kuat.
Coba pendapatan negara dari mana? Pajak. Pajak kebanyakan dari industri
dan sumber daya alam. Tapi sumber daya alam itu akan habis. Bayar pajak
itu akan lancar jika industrinya kokoh. Kaiau tidak terganggu dan sisi
politik intennasional, tidak ada pertarungan global, masih aman.
Tetapijika industri kolaps, sumber dayanya habis, hutannya habis,
energinya sudah habis, batubara habis, mau dari mana didapat pendapatan
negara?
Sedangkan seluruh rakyat hari ini bergantung kepada negara.
Kesehatan bergantung pada negana, pendidikan bergantung pada negara,
infrastruktur bergantung pada negara. Maka ketahanan individualnya harus
diperkuat, tidak boleh digantungkan kepada negara, tidak boleh
mengganggu ekonomi kultur.
Dan kebudayaan itu lahirlah sebuah produk. Orang-orang
150. Spirit Budaya Kang Dedi
yang memiIiki kebudayaan yang kuat akan memiIiki keterikatan pada
Iingkungan dan melahirkan daya dukung postur negara yang kuat. Postur
negara yang kuat melahirkan daya dukung ekonomi yang kuat.
Indonesia ini punya segalanya, Indonesia Iebih baik dari pada Jepang,
Amerika dan Inggris dari sisi postur negaranya, postur alamnya, postur
Iingkungannya. Tinggai satu yang tidak ada yaitu keyakinan dari diri
masyarakatnya bahwa dia akan maju dengan kekuatan Iingkungan. Itu yang
tidak ada. Itu yang harus didorong, bangsa kita akan maju dengan daya
dukung Iingkungannya, tidak perlu bergantung pada negara lain.
Tidak perlu bergantung gas, biarkan orang lain yang bergantung pada
kita, gasnya dikirim dari kita, batubara dan energinya dikirim dari
kita, Kita ini mandiri dan sebagal bangsa punya daya tawar tlnggi.
Tetapi kenapa kita rendah? Karena keyakinan diri kita rendah. Kenapa?
Keyakinan pada Tuhannya semu, hanya keyakinan pada ucapan-ucapan yang
formal tetapi tidak yakin pada dirinya sendiri.
151 . Spirit Budaya Kang Dedi
#inspirasikangdedi
Saya bacanya,ada yang ngarti ada yang henteu pak,soalnya belum nyampe 😁 hapunten.
BalasHapus